Guna memberikan penjelasan agar tidak bertambah banyak korban fitnah dan ketidaktahuan, Ustadz Farid Nu'man Hasan membuat sebuah tulisan yang lengkap tentang Sayyid Quthb yang difitnah oleh Abdurahman Thayyib sebagai bapak teroris dunia.
Bisa dikatakan, tulisan Ustadz Farid ini merupakan bantahan telak kepada Abdurrahman Thayyib karena mengutip pendapat ulama-ulama yang diakui kredibilitas keilmuannya.
***
Telah beredar video potongan ceramah Abdurrahman Thayyib (Yufid Tv) yang menikam kehormatan salah satu pejuang muslim, Syaikh Sayyid Quthb Rahimahullah. Dia menyebut Syaikh Sayyid Quthb adalah Gembong Terorisme zaman ini.
Bukan hanya itu, dia juga menuduh para pengagum Syaikh Sayyid Quthb sebagai orang yang bodoh tentang aqidah, dll.
Allah Ta'ala berfirman:
ۚكَبُرَتْ كَلِمَةً تَخْرُجُ مِنْ أَفْوَاهِهِمْ ۚ إِنْ يَقُولُونَ إِلَّا كَذِبًا
"Alangkah jeleknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka hanya mengatakan (sesuatu) kebohongan belaka." (Qs. Al-Kahfi [18]: 5)
Syaikh Abdul 'Aziz bin Baaz Rahimahullah
Dalam kitab Tuhfatul Ikhwan, Syaikh bin Baz juga memberikan komentar tentang Sayyid Quthb.
سيد قطب رحمه الله :
نُفّذ في المذكور حكم الإعدام في يوم الاثنين 13/5/1386هـ فرحمة الله عليه وعلى سائر علماء المسلمين ونرجو أن يكون من الشهداء الأبرار .
وقد قُتل معه الشيخ عبدالفتاح إسماعيل ، والشيخ محمد إبراهيم هراس . غفر الله للجميع وكتب الشهادة لهم .
والمذكور له مؤلفات كثيرة مفيدة ، أشهرها وأهمها : تفسيره (( في ظلال القرآن ))
Sayyid Quthb Rahimahullah, dieksekusi dalam hukuman mati pada hari, Senin, 13-5-1386 Hijriyah.
Semoga Allah merahmatinya dan merahmati semua ulama kaum muslimin. Kami berharap semoga Sayyid Quthb termasuk dalam barisan para syuhada yang mulia.
Dan telah dibunuh pula bersamanya, Syaikh Abdul Fattah Ismail, Syaikh Muhammad Ibrahim Hiras. Semoga Allah memgampuni mereka semua dan mencatatnya sebagai syuhada.
Disebutkan pula, dia memiliki banyak karya yang bermanfaat, di antaranya yang terkenal dan penting adalah tafsir Fi Zhilalil Qur'an. (Syaikh Abdul 'Aziz bin Baaz, Tuhfatul Ikhwan bitarajim Ba'dhil A'yaan, Hal. 39)
Syaikh Manna' Al Qaththan -Ketua Mahkamah Syariah Mekkah Al-Mukarramah
Beliau berkata:
"Syaikh Sayyid Quthb telah menjumpai Rabbnya dalam keadaan Syahid demi membela aqidahnya dengan meninggalkan warisan pemikirannya. Dan yang paling terdepan adalah kitab tafsirnya yang berjudul Fi Zhilalil Quran. Ini adalah kitab tafsir yang sempurna bagi kehidupan di bawah naungan Al-Qur'an dan petunjuk Islam.
Penulisnya hidup di bawah naungan Al-Qur'an yang penuh hikmah, sebagaimana yang dipahami dari judulnya. Beliau menikmati keindahan Al-Qur'an dan mengungkapkannya dengan segala perasaannya yang jujur sehingga sampai pada kesimpulan bahwa umat manusia dewasa ini sedang berada dalam kesengsaraan yang disebabkan berbagai paham dan aliran yang merusak dan pertarungan berdarah yang tiada hentinya.
Syaikh Manna’ juga berkata:
“Bertitik-tolak dari pandangan inilah Sayyid Quthb menempuh metode tertentu bagi penulisan tafsirnya.
Pertama-tama dia datangkan satu naungan pada mukadimah setiap surat untuk mengkaitkan atau mempertemukan antara bagian-baiannya dan untuk menjelaskan tujuan serta maksudnya.
Setelah itu barulah dia menafsirkan ayat dengan mengetengahkan atsar-atsar shahih, lalu mengemukakan sebuah paragraf tentang kajian-kajian kebahsaan secara singkat.
Kemudian dia beralih ke masalah lain, yaitu membangkitkan kesadaran, membetulkan pemahaman, dan mengaitkan Islam dengan kehidupan.
Kitab ini terdiri dari 8 jilid besar dan telah mengalami cetak ulang beberapa kali dalam beberapa tahun saja karena mendapat sambutan baik dari kalangan cendekiawan."
(Syaikh Manna' Khalil Qaththan, Mabahits fi ‘Ulumil Quran, Hal. 362-363. Maktabah Wahbah, Kairo.
Syaikh Dr. Abdullah Al Faqih Hafizhahullah
Beliau berkata:
وأما القول بأنه رمى المجتمعات الإسلامية شعوباً وحكاماً بالكفر فقول غير صحيح؛ بل رمى بالكفر من يستحقه إذا توفرت الشروط وانتفت الموانع، ونحن نعتقد أن سيد قطب ليس معصوماً بل هو بشر كغيره من الدعاة يؤخذ من قوله ويرد، فلا يجوز أن يغلو فيه أحد فيرفعه فوق منزلته، كما لا يجوز أن يهضمه آخر حقه ويسيء إليه بغير حق، فالعدل والإنصاف هو المطلوب من كل مسلم.
Adapun pendapat yang menyebut bahwa dia (Sayyid Quthb) menuduh masyarakat Islam, baik rakyat dan pemerintahnya telah kafir, maka itu pendapat tidak benar.
Tetapi beliau memvonis kafir kepada yang berhak menerimanya jika memang terpenuhi syarat-syaratnya dan tidak ada penghalangnya.
Kami meyakini bahwa Sayyid Quthb bukan seorang ma'shum (bebas dari salah) tapi dia adalah manusia seperti para da'i lainnya, pendapatnya bisa diambil dan bisa ditolak.
Maka tidak boleh seorang pun berlebihan meninggikannya di atas kedudukannya, sebagaimana yang lain tidak boleh pula menzalimi haknya dan berbuat buruk kepadanya tanpa hak.
Maka bersikap adil dan bijak itulah yang dituntut pada tiap muslim.
(Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyah, 1/3185, Fatwa 09 Jumadi Tsaniyah 1428).
Syaikh Abdullah bin Hasan Al Qu'ud Rahimahullah
Syaikh Abdullah bin Hasan Al Qu’ud –anggota Hai’ah Kibaril Ulama kerajaan Saudi Arabia- dalam kitabnya, Majmu’ Ar Rasail wa Maqalat, beliau menasihati Syaikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhali yang berkali-kali mencela Syaikh Sayyid Quthb:
قل لي غير واحد قولك في اجتماع أخيار نحسبهم كذلك قولك في كتاب: "معالم في الطريق": هذا كتاب ملعون.
سبحان الله!! كتاب أخذ صاحبه ثمنه قتلاً نحسبه في سبيل الله بدافع من الروس الشيوعيين لجمال كما يعرف ذلك المعاصرون للقضية، وقامت بتوزيع هذا الكتاب جهات عديدة في المملكة، وخلال سنوات عديدة، وأهل هذه الجهات أهل علم ودعوة إلى الله، وكثير منهم مشايخ لمشايخك، وما سمعنا حوله منهم ما يستوجب ما قلت، لكنك – والله أعلم- لم تمعن النظر فيه قبل أن تغضب، وخاصة الموضوعات: جيل قرآني فريد، الجهاد، لا إله إلا الله منهج حياة، جنسية المسلم عقيدته، استعلاء الإيمان، هذا هو الطريق.. وغيرها مما تلتقي معانيه في الجملة مع ما تدين الله به، فكيف بك إذا وقفت بين يدي الله وحاجك هذا الشخص الذي وصفته الإذاعة السعودية خلال سنوات متوالية بشهيد الإسلام
“Telah berkata kepadaku lebih dari satu orang tentang ucapanmu dalam sebuah perkumpulan baik-baik–saya berharap memang demikian-, ucapanmu bahwa kitab Ma’alim fith Thariq adalah kitab terlaknat. Subhanallah!
Kitab yang telah dibayar mahal oleh penulisnya dengan mati di jalan Allah karena menentang penguasa komunis Mesir Jamal Abdun Nashir sebagaimana diketahui oleh orang-orang pada masa itu.
Padahal buku tersebut telah disebarkan oleh banyak pihak dikerajaan Saudi sejak bertahun-tahun lamanya, dan mereka adalah para ahli ilmu dan para da’i ilallah, dan banyak di antara mereka adalah syaikh dari syaikh-syaikhmu sendiri.
Dan tidak satu pun di antara mereka mengatakan seperti yang engkau katakan. Tetapi engkau ini–wallahu a’lam- tidak mau memahami lebih mendalam apa yang engkau bicarakan sebelum marah, khususnya pada tema-tema kitab itu seperti: Jil Qur’ani farid (Generasi Qurani Yang Istimewa), Al Jihad, Laa Ilaha Illallah Manhajul Hayah (Laa Ilaaha Illallah sebagai Konsep Hidup), Jinsiyyatul Muslim wa ‘Aqidatuhu (Identitas seorang Muslim dan Aqidahnya), Isti’la Al Iman (Ketinggian Iman), Hadza Huwa Thariq (Inilah Jalan Itu) ... dan tema lain, dimana secara global adalah bermakna nilai keberagamaanmu kepada Allah.
Bagaimana denganmu nanti jika di hadapan Allah, jika orang ini mendebatmu? Padahal orang ini telah bertahun-tahun lamanya oleh media massa Saudi sebagai syahidul Islam?” (http://www.islamgold.com/view.php?gid=7&rid=156
Atau:
http://www.factway.net/vb/348099-post9.html)
Sepertinya www.islamgold.com sudah lama off, buka link satunya lagi
Syaikh Umar Sulaiman al Asyqar
Beliau merupakan ulama Quwait, dosen Fakultas Syariah di Universitas Quwait.
Dia berkata, "Sayyid Quthb -rahimahullah mendalami Islam secara orisinil sehingga beliau mencapai masalah secara mendasar seperti manhaj salaf, pemisahan total antara manhaj Al-Qur'an dan filsafat, memurnikan sumber ajaran Islam dari lainnva, membatasi standar hukum hanya dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah dan bukan pada pribadi atau tokoh tertentu.
Sayyid Quthb menerapkan cara istimbath langsung dari nash seperti
yang dilakukan salaf. Akan tetapi, sayangnya beliau tidak memiliki kesempatan mempelajari manhaj Islam. Oleh karena itu, terkadang ada beberapa titik rancu dalam tulisannya meskipun beliau sudah berupaya mengkaji secara serius untuk berlepas dari kerancuan. Pastinya, Sayyid Quthb tidak melakukan hal tersebut karena hawa nafsunya." (Jasim Al-Muhalhil, Ikhwanul Muslimin, Deskripsi, Jawaban, Tuduhan, dan Harapan, hal. 124).
Siapa pun bisa berbuat salah, termasuk Syaikh Sayyid Quthb Rahimahullah dan tokoh lainnya. Sebab yang ma'shum hanya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Tapi, kesalahan itu tidak boleh membuat mulut kita tidak terkontrol dengan menikam mereka dengan sebutan yang buruk dan sangat tidak pantas.
Wallahul Musta'an.
Farid Nu'man Hasan
(bit.ly/1Tu7OaC). [Tarbawia]
Advertisement
EmoticonEmoticon